Mau Yang Ini

Lagi ngerayu dan baik”in patjar supaya dapet tas baru, dan dapet respon positif 😀
Ini salah satu cara gue ngehemat pengeluaran hahaha, buka link ini dan dapet beberapa calon tas baru maunya yang kaya gini sih 

Ini mau yang warna merahnya
Sekarang mari berdoa supaya respon yang positif itu segera terwujud :))

Iklan

Mau dibawa kemana?

Lagi mau ngebahas tentang finance nih
Eniwei belakangan ini gue lagi seneng banget baca artikel yang berhubungan dengan keuangan kenapa? karena itu seru banget dan gue sebagai perempuan muda harus melek banget masalah keuangan terutama perencanaannya karena kalo gue buta sama financial mau jadi apa hidup gue kedepan? masa iya tiap seminggu pertama makan enak minggu ke dua, tiga, empat makan nasi sama garem? gak mau kan yaa! jadi gue belajar banyak tentang perencanaan keuangan beberapa artikel gue dapet dari QM FinancialPandji, atau Femaledaily dan gue simpulinnya begini

Gaji Bulanan
Ini penghasilan yang gue terima setiap bulannya yang nantinya kita bagi dalam beberapa pos keuangan.

Zakat
Seperti biasa lah ya setiap ada pemasukan untuk diri kita didalamnya ada rejeki untuk yang kurang mampu, jadi sebisa mungkin sisihkan minimal 2.5% dari penghasilan  bulanan, kalo tahunan lumayan bok 🙂

Tabungan
Saat ini tabungan gue ambil dari 20% gaji bulanan setiap awal bulan gue transfer ke rekening khusus untuk tabungan yang nantinya gue alihin ke investasi bisa dalam bentuk emas, reksadana, atau property

Hutang
Untuk hutang dibatasi minimal 15% dan maksimal 30% dari gaji bulanan gue, jadi kalo punya cicilan kartu kredit yang melebihi quota di lunasi dulu kedepannya ya sesuai nilai maksimal.

Pensiun
Iya pensiun menurut gue ini juga penting banget buat kehidupan mendatang, gue sadar bukan kerja sebagai pns yang dapet uang pensiun setelah gak kerja nanti, kerja di perusahaan swasta gak dapet pensiun mau gak mau harus nyisihin setiap bulan ini sih masuknya jangka panjang ya simple aja sih gue gak mau masa tua gue ngerepotin anak cucu gue nanti, besarnya uang pensiun ini diambil dari 7% gaji bulanan.

Pengeluaran Harian
Nah ini yang gak ketauan berapa nominalnya, gue nyiasatinnya dengan mencatat semua pengeluaran harian gue bahkan 100 perak pun gue catet, supaya gue tau aja uang gue larinya kemana setiap bulannya dan perbaikan apa sebenernya yang gak perlu gue beli buat reminder gue lah supaya gak seenaknya ngeluarin uang.

Wedding
Kenapa wedding? kan perempuan? kan masih muda! eh jangan salah ini juga penting banget buat gue. karena gue gak terlahir sebagai anak dengan warisan tanah berpuluh-puluh hektar, makannya gue harus nabung untuk ini buat jaga-jaga pengeluaran khusus dari keluarga perempuan 🙂

Sementara segini sih yang gue pelajari dan gue terapkan, gue nerapin ini juga bukan cuma ke diri sendiri tapi ke pasangan (patjar) juga. Yuk mari  menabung sejak dini 🙂